Daita Ito

Nama Asli: Daita Ito
Tempat/Tgl Lahir: Tokyo / 19 Juni 1971
Golongan Darah : A
Tinggi Badan : 175cm
Website Resmi : http://www.daita-ism.com
Gaya Permainan: Hard Rock, Shredd
Pengalaman Band : Siam Shade, Power, Ect
Pengaruh musikal: Rush, BowWow, X-Japan, Dream Theater, King’s X
Gitar Yang Digunakan: ESP, Schecter, Paul Reed Smith, Tom Anderson, Gibson Les Paul
Hobi Lain : Animasi, Komik, Nonton Gulat profesional

Industri musik rock Jepang punya satu lagi gitaris hard rock handal, Daita. Ia merupakan gitaris rock yang punya permainan ngeshredd dan lagu-lagunya masuk ke jajaran charts teratas di Jepang. Besar bersama grup Siam Shade, nama Daita sering disebut-sebut sebagai gitaris terbaik Jepang. Kalau dari segi teknikal, Daita punya level yang sama dengan gitaris sekaliber Akira Takasaki.

Siam Shade terbentuk pada bulan Mei 1993, 2 bulan kemudian Daita bergabung. Kemudian formasi Siam Shade berjumlah 5 orang : Hideki (vocal), Junji (drum), Daita (lead gitar), Natchin (bass), dan Kazuma ( guitar dan backing vocal). Di tahun ini juga Siam Shade langsung merelease album demo yang berisi 4 lagu. Setahun kemudian, tepatnya pada bulan Desember, Siam Shade merelease album indie pertamanya yang selftitle. Album perdana ini ternyata mampu menduduki peringkat 2 di Oricon Indie Charts.

Tahun 1995 Daita dkk merelease album Siam Shade II dibawah label Sony. Di album ini terdapat satu lagu andalan berjudul Rain. Pada lagu tersebut Daita cukup banyak memainkan variasi ritem sehingga terdengar asik dan tidak membosankan namun tetap berisi. Akhirnya lagu ini menjadi salah satu lagu Siam Shade yang sering dibawakan oleh band-band J-Rock di Indonesia. Lagu ini juga sangat cocok buat gitaris-gitaris rock yang mau mencoba memainkan musik-musik Jepang.

Album berikutnya yang direlease tahun 1996 adalah ‘Siam Shade III’. Dua tahun kemudian Siam Shade merelease album ‘Zero’. Lagu yang paling menyita perhatian di album ini berjudul ‘1/3 No Junjo Na Kanjo’. yang juga menjadi soundtrack anime terkenal, Rurouni Kenshin atau di Indonesia dikenal dengan judul Samurai-X.

Tahun 1999, album Siam Shade 5 direlease. Album ini punya lagu andalan berjudul Dreams. Kemudian pada tahun 2000 kembali Siam Shade merelease double album. Beberapa lagu andalan pada album tersebut adalah 1999 dan Setsunasa Yorimo Tooku e. Lagu yang disebut terakhir tersebut merupakan lagu yang spektakuler karena Daita memainkan tapping bertubi-tubi disepanjang reff lagu.

Setelah Siam Shade bubar pada tahun 2002, Daita kemudian bersolo karir. Ia sempat merelease 2 mini album “Direct Chord” dan “Euphony”. Ia juga menjadi komposer untuk album soundtrack film Korea, Volcano High.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: